Mengenal AlphaBITS pada Bank Kalbar

Aplikasi Core Banking System (CBS) adalah aplikasi inti yang merupakan jantung dari sistem perbankan. Core Banking ini digunakan untuk memproses berbagai layanan perbankan seperti customer information file, saving, loan, dan sebagainya.

Bank Kalbar melakukan transformasi teknologi yang bertujuan meningkatkan kapasitas sistem perbankan. Peningkatan kapasitas sistem ini dilakukan dengan mengganti core banking system lama (MODULA) dengan core banking AlphaBITS pada sejak tahun 2007.

Contoh antarmuka AlphaBITS pada yang digunakan sehari-hari oleh teller Bank Kalbar:

Tampilannya memang kurang menarik dan pengoperasionalannya didesain untuk full-keyboard, namun menurut saya penggunaannya cocok untuk Bank Kalbar yang memiliki cabang-cabang yang lokasinya tersebar di daerah agak jauh dari perkotaan yang koneksi jaringannya mengandalkan satelit dan kecepatannya agak lambat, dimana pada pertengahan tahun 2017  jaringan pelayanan Bank Kalbar tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat dan juga di Jakarta Pusat, terdiri dari 1 Kantor Pusat, 21 Kantor Cabang, 59 Kantor Cabang Pembantu, 1 Unit Usaha Mikro, 58 Kantor Kas, 22 Kas Mobil, 63 Payment Point, 65 Layanan Syariah dimana akan terus bertambah seiring dengan komitmen Bank Kalbar yang ingin menjadi Regional Champion sehingga akan terus melakukan perluasan pelayanan.

Baru-baru ini sudah gencar promo AlphaBITS Next-G yang memiliki standard interface untuk meningkatkan kemampuan integrasi dengan berbagai aplikasi maupun platform yang sudah menerapkan interface modern. Menurut perkiraan saya Bank Kalbar akan segera melakukan upgrade core bankingnya ke AlphaBITS Next-G dalam waktu dekat.

 

Sumber:

Bank Kalbar, 2017, Sekilas Perusahaan, http://bankkalbar.co.id/sekilas_perusahaan.php (diakses tanggal 4 Oktober 2017)

PT. Sigma Cipta Caraka, 2007, User Guide AlphaBITS Untuk BPD Kalbar Cabang Modula (Off-Line)

PT. Sigma Cipta Caraka, 2007, Retail Manual AlphaBITS

Leave a comment